Subscribe:

Senin, 14 Mei 2012

berkebun mengurangi emisi karbon


Emisi karbon ini telah menyumbang terhadap efek rumah kaca,
yang diperkirakan saat ini telah menaikkan suhu permukaan bumi rata-rata sebesar 1°C sejak awal revolusi industri dan kenaikan akan mencapai 2°C pada pertengahan abad ini jika tidak ada langkah-langkah drastis yang diambil untuk mengurangi laju 


pertambahan emisi gas rumah kaca di atmosfer.
Pemanasan global akan berujung pada perubahan iklim yang menyebabkan berubahnya faktor-faktor iklim, seperti curah hujan, penguapan dan temperatur. 


Perubahan-perubahan ini juga akan memacu terjadinya bencana lingkungan yang terkait dengan faktor-faktor iklim seperti bencana banjir, peningkatan permukaan air laut, el nino, el nina dsb.


Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi emisi karbon ?
yang sangat penting adalah kita mengurangi pemborosan-pemborosan energi (hemat listrik, bensin dll) dan kurangi aktifitas-aktifitas yang memproduksi karbon tinggi (kurangi buang sampah, kurangi pengunaan kertas dll).


Bagi hobiis berkebun, tentunya kita akan lebih semangat untuk menanam pohon. Menanam pohon keras diperkirakan akan mengurangi emisi gas CO2 sebesar 129, 92 Kg/Ha/Jam.
Gas karbon ini akan dirubah oleh tanaman menjadi oksigen dan massa tumbuhan apakah itu kayu buah dll pada saat proses fotosintetis.
jadi berkebun pun dapat mengurangi emisi karbon. walau kita belum bisa menanam pohon secara besar-besaran kita dapat memulai dari diri kita dulu. memulai suatu hal dari hal yang kecil .

sebelum bumi kita semakin panas,, yang dampaknya akan kembali pada manusia ,,dan diri kita sendiri . untuk generasi sekarang dan mendatang
jadi apa salahnya kalau kita berkebun???


0 komentar:

Posting Komentar